Pages

Featured Post 3

. : . :W e l c o m e : . : . : S e l a m a t D a t a n g : . : .

Selasa, 26 Agustus 2014

Benteng Marlborough (Fort Marlborough)

Benteng Marlborough secara astronomis terletak pada titik koordinat antara 3o 47' 16,7" LS dan 102o 15' 8,8" BT. Secara umum benteng tersebut berdenah segi empat. Empat bastion berada di keempat sudutnya. Pintu masuk benteng berada di sisi baratdaya berupa bangunan berdenah segi tiga yang terpisah dari benteng.Pada benteng tersebut terdapat parit keliling yang mengikuti bentuk denah benteng. Parit itu memisahkan bangunan induk dari bangunan depanbya. Kedua bangunan tersebut dihubungkan dengan sebuah jembatan.

Pada bangunan depan terdapat pintu masuk yang berbentuk lengkung sempurna. Bangunan tersebut tidak mempunyai ruangan, melainkan hanya merupakan lorong yang menuju ke jembatan penghubung. Pada dinding lorong tersebut terdapat 4 buah nisan, 2 buah nisan berasal dari masa Benteng York dan yang lainnya berasal dari masa Benteng Marlborough. Pada nisan-nisan tersebut tertera nama George Shaw - 1704; Richard Watts Esq - 1705; James Cune - 1737; Henry Stirling - 1774.

Pada bagian atas bangunan ini terdapat tembok keliling yang mempunyai celah-celah berbentuk segi tiga yang berfungsi sebagai celah intai. Pada bagian belakang bangunan terdapat 3 buah makam dengan nisan yang terbuat dari batu, tetapi tulisannya sudah tidak terbaca lagi.Bastion-bastion Benteng Marlborough terdapat di sudut utara, selatan timur, dan barat serta masing-masing berdenah segi lima. Pada bagian atas bastion umumnya diberi tembok keliling dengan celah intainya. Lantai bagian tersebut dibuat dari tegel berglasir coklat. Pada bastion selatan masih terlihat sisa rel meriam yang berbentuk lingkaran. Pada dinding sisi utara bastion selatan dan timur menempel 8 buah cincin besi yang masing-masing berjarak 1 meter.

Pada bastion-bastion tersebut terdapat beberapa ruangan, yaitu pada bastion utara dan bastion barat. Ruangan dalam bastion utara terdiri dari 2 kamar. Langit-langit kamar tersebut berbentuk lengkung dengan lubang berdiameter 80 centimeter yang menembus bagian atas bastion. Ruangan dalam bastion barat mempunyai 2 kamar yang berfungsi sebagai penjara yang letaknya saling berhadapan. Pada salah satu penjara yang letaknya lebih rendah terdapat lorong yang pada langit-langitnya diberi lukisan binatang dari arang.

Dalam Benteng Marlborough terdapat juga beberapa bangunan, yaitu di antara bastion utara dan timur, antara bastion selatan dan barat, dan antara bastion selatan dan timur. Bangunan antara bastion utara dan timur mempunyai denah persegi panjang dan terbagi dua yang dipisahkan oleh lorong menuju pintu belakang benteng. Saat penelitian ini bangunan tersebut digunakan sebagai Kantor Permuseuman, Sejarah, dan Kepurbakalaan, Kantor Wilayah Departemen Pendididikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu. Bangunan di sebelah kiri terdiri dari 3 ruang; sedangkan bangunan di sebelah kanan terdiri dari 4 ruangan. Pada umumnya jendela-jendela pada bangunan tersebut berbentuk persegi panjang. Bagian atas bengunan ini terdapat atap yang berbentuk pelana kuda dan pada bagian belakangnya terdapat lorong selebar 1 meter.

Di antara bastion selatan dan barat terdapat bangunan berdenah persegi panjang yang dibagi menjadi dua, dipisahkan oleh lorong yang menuju pintu gerbang utama. Pintu utama tersebut berbentuk lengkung dan dihiasi dengan tiang semu. Bangunan sebelah kiri terdiri dari 3 ruangan yang disekat oleh tembok. Umumnya jendela dan pintu bangunan ini berbentuk lengkung. Pada ruangan ketiga terdapat pintu yang menghubungkan ruangan tersebut dengan ruang dalam bastion barat. Bangunan sebelah kanan terdiri dari 7 ruangan yang disekat dengan tembok. Seperti pada bangunan di sebelah kiri, jendela dan pintunya umumnya berbentuk lengkung. 

Pada tembok salah satu ruangan terdapat lukisan kompas dan tulisan berbahasa Belanda yang dibuat dengan cara gores. Bagian atas bangunan antara bastion selatan dan barat tersebut tidak beratap, melainkan berupa lantai yang diberi tegel berglasir coklat. Pada bagian tersebut terdapat tembok keliling yang diberi celah intai.
Bangunan di antara bastion timur dan selatan berdenah persegi panjang dan berupa 1 ruangan yang panjang. Jendela-jendela dan pintunya berbentuk lengkung. Bagian atas bangunan tidak diberi atap, melainkan berupa lantai yang diberi tegel berglasir coklat. Sama seperti bangunan antara bastion selatan dan barat, pada bagian atas bangunan tersebut terdapat tembok keliling yang memiliki celah intai. Pada bagian depan bangunan ini terdapat sebuah sumur yang berdiameter 1 m. Dinding sumur ini terbuat dari bata dengan pola ikat dinding Inggris.


Lingkungan sekitar Benteng Marlborough merupakan daerah pemukiman. Terlihat keberadaan benteng ini lebih tinggi dibanding dengan daerah sekitarnya. Keletakan benteng berada pada ketinggian ± 18 m di atas permukaan laut. Di sebelah utara benteng terdapat sebuah bukit kecil yang dikenal dengan nama Tapak Padri. Dari bukit tersebut wilayah perairan Bengkulu dapat teramati sampai Pulau Tikus. Dalam penelitian di lapangan tercatat 3 buah naskah surat yang berhubungan dengan keberadaan Benteng Marlborough. Naskah-naskah tersebut milik Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu sebagai hibah dari Pemerintah Inggris tahun 1995.
Share this article

0 komentar:

Posting Komentar

Rakyat Bengkulu

Detik News

 
Copyright © 2014 Besurek • All Rights Reserved.
Distributed By Free Blogger Templates | Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top